Automotive

Ada Yang Berpredikat Sebagai Motor Tercepat, Ini Dia 4 Motor Polisi Paling Keren Di Dunia

Can Am Spyder – (Dubai)
Foto by : www.hum3d.com
- intro 1 +

Sering liat adegan kejar-kejaran mobil antara penjahat dan polisi di film? Dalam adegan film sering banget ditampilkan bagaimana polisi sering kewalahan buat mengejar penjahat yang kabur mengendarai mobil karena punya senjata dan mobil lebih bagus. Tapi adegan kayak gitu sepertinya sekarang cuman ada dalam film. Faktanya saat ini banyak polisi dari berbagai belahan dunia, punya teknologi pendukung yang nggak kalah canggihnya.

Teknologi yang digunakan polisi tentunya mengikuti perkembangan atas kebutuhan pada eranya masing-masing. Banyak adegan film yang menggambarkan bagaimana jaman dahulu polisi sering menggunakan kuda sebagai transportasi. Ketika jaman mulai maju, dan kompleksitas permasalahan yang harus diatasi juga semakin banyak. Polisi lalu mulai menggunakan teknologi dan kendaraan yang dapat dikatakan berada di atas rata-rata kendaraan pada umumnya.

Kendaraan-kendaraan ini nggak hanya canggih, tapi juga memiliki kemampuan yang bikin penjahat berpikir dua kali sebelum mau bikin masalah. Mulai dari teknologinya yang super canggih, kemampuan yang mumpuni, hingga harganya yang selangit membuktikan para polisi di negara ini nggak main-main dalam masalah keamanan warganya. Lebih berfokus dengan kendaraan motor yang digunakan oleh para polisi. Ini dia 4 motor polisi paling keren dari seluruh penjuru dunia.

Kawasaki Concours – (Inggris)

kawasaki-concours-14-police

Motor Kawasaki Concours ini dulu pernah mendapatkan predikat sebagai “Best Tourning Bike”.  Hal ini bukan tanpa alasan, karena motor keluaran pabrikan Kawasaki ini emang memiliki banyak fitur canggih di dalamnya. Dari sisi teknologi, Kawasaki Concours dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Seperti panel elektronik, braking sytem, hingga teknologi auto heating yang membuat tangan pengendaranya teteap hangat dicuaca ekstrem.

Spesifikasi mesinnya sendiri juga nggak kalah keren, Kawasaki Concours menggunakan mesin 4 silinder 1352 cc yang bisa mencapai kecepatan dari 0-100 km hanya dalam rentang waktu 2,9 detik. Selain itu, Kawasaki Concours juga dilengkapi dengan Variable Valve Timing. Fitur ini berfungsi meningkatkan fleksibilitas mesin dan efisiensi dengan mengubah profl camshaft guna meningkatkan putaran bawah dan menengah  tanpa mengorbankan daya akhir mesin.

Can-Am Spyder – (Dubai)

BRP Can-Am Spyder Police Dubai 2014 3d model

Nggak cuma mobil polisinya, kepolisian Dubai juga melengkapi kendaraan bermotornya yang lain dengan spesifikasi yang nggak kalah keren. Motor tipe Can-Am Spyder asal Kanada ini dilengkapi dengan mesin V-Twin Rotax berkapasitas 988 cc. Mesin motor ini juga dilengkapi dengan pendingin cairan, electronic fuel injection dan electronic throttle control yang bisa menghasilkan 100 tenaga kuda pada putaran mesin 7.500 RPM.

Tenaga sebesar ini kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi semi otomatis lima percepatan yang juga dilengkapi dengan gigi mundur. Can-Am Spyder menggunakan suspensi Double A-arm with anti-roll bar dan peredam kejut Gas-Charged Fox Podium Shock berukuran 5,5 inci. Sedangkan dibagian belakang, dipasangi suspense Swing Arm dengan tipe SACHS monoshock berukuran 6 inci. Motor ini juga dilengkapi dengan ban depan berukuran 165/55-15 dan ban belakang 225/50-15.

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×