Automotive

Dapat Melaju Hingga 300 Km/Jam, Kota Ini Memiliki Ambulans Tercepat Di Dunia

Dapat Melaju Hingga 300 Km/Jam, Dubai Memiliki Ambulans Tercepat Di Dunia
Foto by : BBC

Selama ini, Dubai emang terkenal sebagai kota yang memiliki berbagai fasilitas istimewa. Mulai dari emas batangan yang bisa dibeli melalui vending machine, hingga penggunaan supercar sebagai kendaraan para penegak hukum di sana. Nggak cuma itu, Dubai juga memiliki fasilitas kesehatan yang nggak bisa dipandang sebelah mata.

Sebagai bagian dari progam “Smart Government”, pemerintah Dubai juga memiliki sebuah ambulans yang diklaim sebagai ambulans tercepat di dunia. Mobil ambulans ini sendiri pernah dipamerkan di ajang Gitex, pameran teknologi yang diselenggarakan di Dubai World Trade Centre, seperti dikutip dari BBC.

Klaim sebagai ambulans tercepat di dunia tentunya bukan tanpa alasan. Ambulans yang dimiliki Dubai ini menggunakn mobil sport, Lotus Evora, yang bisa melaju hingga 300 Km/jam! Dengan kecepatan yang sedemikian tinggi, para petugas medis pun diharapkan dapat segera sampai ke lokasi orang yang membutuhkan pertolongan.

Meskipun bisa dibilang nggak lazim, tapi penggunaan mobil sports sebagai ambulans diyakini mampu menghemat banyak waktu buat merespons keadaan darurat secara lebih efektif.

“Satu detik saja jadi sangat berharga dalam kondisi antara hidup dan mati seseorang. karena itu, diperlukan pertolongan yang sangat cepat,” kata Zaid Al Mamari, salah satu paramedis dari perushaan jasa ambulans di Dubai.

Nggak cuma mobil sport jenis Lotus Evora, di Dubai nantinya juga akan ada dua supercar lain yang segera menyusul menjadi sebuah ambulans. Yakni, Chevrolet Corvette dan Ford Mustang.

Mobil ini sendiri juga akan berfungsi layaknya Ambulans pada umumnya. Seperti dilengkapi dengan lampu sirine, peralatan medis seperti alat pacu jantung, oksigen, dan monitor yang difungsikan buat memantau kondisi pasien selama perjalanan menuju rumah sakit.

Karena memiliki bentuk dan spesifikasi yang sangat berbeda dengan ambulans pada umumnya. Sebelum menggunakan ambulans ini, para pengemudi dan paramedisnya pun harus dibekali dengan pelatihan terlebih dulu. Hal ini dilakukan buat mengantisipasi adanya hal-hal yang nggak diinginkan yang bisa terjadi apabila sang paramedis belum terbiasa mengemudikan sebuah supercar yang memiliki harga 160.000 dollar US per unit atau setara dengan Rp 2 Miliar ini. Keren nggak tuh?

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×