Automotive

Wow, Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Resmi Beroperasi Di Indonesia

Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Resmi Beroperasi Di Indonesia
Foto by : PT Putera Mulya Sejahtera/Kompas.com

Semakin banyak alternatif transportasi baru yang bisa kamu gunakan di liburan akhir tahun ini. Buat kamu yang suka traveling melalui jalur darat, ada model transportasi darat baru yang bakalan asik buat dicoba. Kalo selama ini kamu kira naik bus nggak bisa senyaman pesawat, well kamu salah besar.

Baru-baru ini, PT. Putera Mulya Sejahtera meluncurkan bus tingkat baru yang diklaim memiliki tingkat kenyamanan setara dengan pesawat di Terminal Giri Adipura, Wonogiri, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Kompas.com. Bus tingkat ini diklaim menjadi yang pertama melayani rute sejauh 500-600 Kilometer di Pulau Jawa.

Bus ini emang sedikit berbeda dengan bus kebanyakan karena memiliki desain bertingkat dan dikemas dengan karoseri yang mewah. Bus ini mampu menampung 38 penumpang yang dibedakan menjadi dua kelas yakni First Executive Class dan Elegant Class.

Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Resmi Beroperasi Di Indonesia
Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Resmi Beroperasi Di Indonesia

Di First Executive Class merupakan kelas standar yang dilengkapi dengan monitor LCD pada setiap kursi layaknya di kabin pesawat. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan ruangan khusus buat merokok yang terletak di ujung belakang kabin yang bisa digunakan selama perjalanan.

Sedangkan di Elegant Class penumpang bahkan mendapatkan fitur tambahan yang lebih canggih lagi. Di kelas ini, penumpang bisa menikmati fasilitas jok elektrik yang memiliki saluran pengisi daya baterai buat hape. Total hanya ada enam kursi elektrik yang disediakan buat penumpang kelas ini yang juga dipisahkan oleh tirai selama perjalanan. Selain itu, ada juga mesin pembuat kopi yang disediakan buat kelas ini.

 Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Resmi Beroperasi Di Indonesia
Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Resmi Beroperasi Di Indonesia

Nggak berbagai firtur canggih yang disediakan buat penumpang, bus ini juga memiliki spesifikasi mesin yang nggak kalah canggihnya. Bus ini udah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Bracking System), Electronic Brake System, Retarder, dan Cruise Control dengan Opticruise Transmission.

Selain itu, perushaan juga bisa memantau perilaku pengmudi di jalan melalu teknologi Engine Managemant. Mulai dioperasikan pada Libur Natal tahun ini, buat kamu yang tertarik mencoba. Bus ini mematok tiket seharga Rp 225.000 buat First Executive Class, dan Rp 325.000 buat Elegant Class, dan memiliki rute Wonogiri/Solo – Jakarta dan sebaliknya.

Gimana, tertarik mencoba?

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×