Event

Unik dan Lucu, Ini Dia 7 Video Kampanye Paling Kreatif Pada Pilkada DKI Jakarta 2017

Cagub dan Cawagub DKI 2017 Ini Deket Sama Anak Muda, Nih Buktinya!
Foto by : Liliana/HAI

Ajang pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun ini, berhasil jadi sorotan dari berbagai media nasional. Mulai dari profil para pasangan calon, hingga visi misi dan tema kampanye kreatif yang diangkat masing-masing calon. Tahun ini konsep kampanye masing-masing pasangan nggak hanya melalui jalur konvensional, tapi juga bisa dibilang mulai cukup kreatif dengan media yang dekat dengan pemilih di kalangan kaum muda.

Para calon Gubernur dan Wakil Gubernur, mulai memanfaatkan media video dengan konten yang kreatif buat mensosialisasikan progam sekaligus menarik perhatian para pemilih di Jakarta. @Funlitic, salah satu akun instagram dengan tema edukasi politik, kemudian berinisitif memilih tujuh video kampanye yang dinilai paling kreatif di Pilkada DKI Jakarta 2017 yang diunggah di YouTube.

“Keseruan timeline media sosial kita beberapa bulan belakangan ini tidak terlepas dari sentuhan-sentuhan kreatif dari tim pendukung calon pasangan, dan juga masyarakat yang sekedar ingin meramaikan pilkada terbesar di Indonesia ini,” kata Andrew Prasatya, founder @funlitic, seperti dikutip dari Kompas.com.

Biar nggak tambah penasaran, ini dia tujuh video kampanye paling kreatif pada Pilkada DKI Jakarta 2017 yang diunggah di YouTube menrurut versi dari @Funlitic.

Cameo Project – Ahok Pasti Kalah

Video ini adalah produksi dari sekelompok anak muda kreatif yang tergabung dalam proyek Cameo Project. Dalam video ini tim Cameo Project mencoba menjelaskan bahwa Ahok akan kalah kalo masyarakat Jakarta nggak inign liat Jakarta yang maju. Mereka make startegi click bait, atau judul yang sedikit kontroversial yang bisa bikin orang penasaran dan mengklik video mereka. Hasilnya cukup efektif, video ini berhasil ditonton lebih dari 1,5 juta viewer.

 

Funlitic – Perbandingan Media Sosial Cagub

Akun @funlitic bersama dengan SK Mograph bikin video animasi perbandingan media sosial antara ketiga paslon. Mereka membandingkan jumlah followers, postingan dan juga rata-rata interaksi yang didapat dari media sosial Twitter dan Instagram.

 

Tim Kampanye Anies  Sandi – Men In Black Peci

Video dari tim kampanye kreatif Anies-Sandi berjudul Men In Black Peci ini dibuat dengan cara yang unik dan kreatif. Dalam video ini bisa dilihat beberapa artis pendukung pasangan calon nomor urut 3 ini, seperti sang juru bicara kampanye ini, Pandji Pragiwaksosno.

 

Jak FM - #NebengSeru

Konsep video ini bisa dibilang yang paling unik. Konsepnya sendiri seperti carpool karaoke yang mengambil gambar langsung dari dalam mobil. Format video ini pun cukup seru dengan suasana yang santai. Stasiun radio JakFM membuat series video ini yang dipandu oleh host terkenal Ronald dan Tike. Acaranya pun berjalan dengan obrolan yang santai seputar kegiatan calon gubernur dan visi misinya.

 

Tim Agus Silvi – Mannequin Challenge

Video Mannequin Challenge yang dilakukan oleh tim kampanye Agus – Silvi dianggap sebagai tantangan Manekin yang terbaik oleh @funlitic. Tim kampanye Ahok juga melakukan video serupa, akan tetapi dari jumlah yang berpartisipasi nggak bisa mengalahkan video dari Tim Agus Silvi ini.

 

K-pop Video Dance Ahok, Jokowi, & SBY

Ini adalah video animasi yang menunjukkan karakter Presiden Jokowi, Ahok, dan juga Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan K-Pop Dance. Video ini cukup viral di berbagai media sosial karena memang dianggap unik dan lucu.

 

Pilih Pilih Piih – Eka Gustiwana

Kali ini Eka kembali mengeluarkan karyanya berjudul Pilih Pilih Pilih. Yang diambil dari potongan cuplikan debat Calon Gubernur dan Wakilnya. Hasilnya pun jadi keren dan kreatif banget.

Well, dari sekian kampanye kreatif yang ada. Mana yang jadi favorit kamu?

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×