Fashion

Jenis Denim Ada Banyak! Udah Tau Belom?

Tips Merawat Denim

Celana denim atau jeans jadi salah satu yang disukai banyak kalangan, mulai dari remaja kayak kita, bahkan sampai nyokap, bokap, dan kakek kita masih ada yang doyan mengenakan denim. Kain denim biasanya tahan lama dan warna yang keren. Uniknya makin sering dipakai, denim akan luntur yang justru bikin si denim makin keren, natural, dan bisa mencerminkan pemiliknya, seolah kain ini ikut melewati proses hidup bersama pemiliknya.

Kain denim juga identik dengan celana jeans. Namun seiring dengan perkembangan jaman, denim mulai digunakan untuk membuat fashion item dan apparel lain seperti kemeja, topi, tas, bahkan sampai sepatu.

Bahan denim bisa dibilang hampir sama dengan bahan kulit, jenis-jenis denim juga beragam. Jenis-jenis ini biasanya dibedakan dari karakter fisiknya yang tentu memengaruhi kenyamanan atau kecocokan kain denim itu ketika dipakai nantinya. Sebelum kita menyesal salah membeli sebuah produk denim lantaran nggak mengerti apa aja jenis-jenisnya, ada baiknya kita mengenal denim dari karakter bahannya.

Raw Denim/ Dry Denim

Ada Banyak Jenis Denim. Udah Tau Belom?
Raw denim

Biasanya setelah diwarnai denim akan dicuci dulu supaya kainnya lebih lentur dan nggak mengalami penyusutan ketika dicuci oleh pemiliknya. Jenis raw denim atau dry denim ini adalah kain denim yang nggak melalui proses pencucian itu, nggak heran kainnya lebih keras dan kaku, bahkan ada kemungkinan mengalami penyusutan. Karena masih kaku, ada baiknya kita menggunakan denim ini beberapa kali supaya kainnya lebih lentur dan nyaman saat dikenakan.

Selain itu warna pada jenis raw denim ini juga solid atau nggak akan luntur. Namun setelah dipakai selama beberapa bulan, warna denim ini akan luntur, tapi hanya di bagian-bagian tertentu sesuai dengan perilaku pemakaian pemiliknya. Ini membuat kain denim terlihat unik, natural, dan keren.

Pre-washed denim

Ada Banyak Jenis Denim. Udah Tau Belom?
Pre-washed denim

Kebalikan raw denim, jenis denim ini udah melalui proses pencucian. Kainnya udah lentur dan langsung nyaman sejak pertama kali dikenakan. Selain itu pre-washed denim ini juga nggak akan mengalami penyusutan, kita kita nggak usah khawatir lagi karena denim nggak akan menyusut setelah dicuci.

Nah, kalau soal warna, pre-washed denim biasanya sudah memiliki beberapa bagian yang luntur. Pola lunturnya pun biasanya udah ditentukan oleh penjahit atau pembuat denim. Walaupun nggak senatural raw denim, tapi masih keren kok.

Poly denim

Ada Banyak Jenis Denim. Udah Tau Belom?
Poly denim

Bahan denim yang satu ini dicampur dengan polyster. Bahan ini juga membuat kain deni lebih ringan dan cocok digunakan untuk acara formal atau semi formal. Selain itu, jenis denim ini juga lebih cepat kering ketika dicuci.

Ramie denim

Ada Banyak Jenis Denim. Udah Tau Belom?
Ramie denim

Denim in masih menggunakan bahan campuran, yaitu serat tanaman rami. Campuran ini membuat denim jadi lebih halus dan bisa mengurangi kerutan-kerutan pada kainnya. Jelas denim ini juga nggak mudah kotor dan mudah menyerap air sehingga menjadi lebih kuat saat basah. Kita juga nggak akan kehilangan bentuknya walaupun denim ini sudah lama.

Waxed denim

Ada Banyak Jenis Denim. Udah Tau Belom?
Waxed denim

Denim jenis ini justru dilapisi dengan akrilik hitam yang berfungsi untuk mengawetkan ke kain denimnya sehingga denim lebih tahan lama. Saat dikenakan denim ini secara otomatis terlihat hitam mengkilap seolah kita mengenakan celana kulit. Namun kelemahan pada denim jenis ini adalah warna akan luntur seiring pemakaian.

 

Meryam Zahida

Berkarir di HAI adalah sebuah alter-ego. Morning person yang lincah, pecinta "me time" yang berbahaya. Pernah bercita-cita jadi vokalis band rock

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×