Fashion

Nggak Nyangka, Ternyata High Heels Sebenernya Diciptakan Buat Para Cowok Lho!

High Heels Ternyata Diciptakan Buat Para Cowok Loh!
Foto by : Fusion.net

Pernah kebayang nggak sih kalo ada cowok yang make sepatu high heels buat kegiatan sehari-hari? Pemikiran kaya gini mungkin nggak pernah terlintas di imajinasi terliar kamu sekali pun. Tapi  ternyata, high heels awalnya emang diciptakan buat para cowok loh!

Yoi, kalo saat ini high heels identik dengan cewek yang ingin tampil dan terlihat tinggi semampai, padahal pada awal ditemukannya, ternyata justru cowok yang menggunakannya agar terlihat lebih maskulin. Terdengar aneh? Faktanya emang demikian.

Seperti dikutip dari Metro.co.uk, sepatu ini telah lama digunakan oleh cowok yang berada di wilayah Persia selama berabad-abad yang lalu. Menurut Bata Shoe Museum di Toronto, Amerika Serikat, sepatu high heels emang pertama kali digunakan oleh para cowok. Dulu sepatu jenis ini banyak digunakan oleh para penunggang kuda dari Persia. Mereka menggunakan sepatu jenis ini buat melindungi kaki.

Hingga akhirnya pada akhir abad ke-16, kebudayaan Persia mulai menyebar ke beberapa wilayah di Eropa. Persebaran kebudayaan Persia ini termasuk dengan tren sepatu hak tinggi yang dianggap sebagai simbol kejantanan dan maskulinitas. Salah satu bukti dari hal ini terlihat dari foto Raja Louis XIV dari Prancis.

Raja Louis XIV
Raja Louis XIV

Dengan tinggi sekitar 5 inci, sepatu hak tinggi membuat Raja Louis merasa begitu berkuasa ketika menggunakannya. Sepatu hak tinggi yang digunakan Raja Louis sendiri selalu berwarna merah yang dicat dengan pewarna mahal buat menandakan kekayaan dan status sosial. Oleh Raja Lois juga peraturan soal penggunaan sepatu mulai dibuat secara lebih khusus. Ketika itu sepatu hak tinggi hanya boleh digunakan oleh para anggota parlemennya aja.

Sementara itu di waktu yang hampir bersamaan, ternyata banyak cewek yang juga mulai mengadopsi gaya cowok yang menggunakan sepatu berjenis ini. Sedangkan tradisi cowok yang menggunakan sepatu hak tinggi justru semakin menghilang memasuk abad ke-18. Ketika itu, para cowok cenderung lebih memilih sepatu yang lebih praktis dan fungsional.

Penggunaan high heels oleh cowok di akhir abad ke-16
Penggunaan high heels oleh cowok di akhir abad ke-16

Cowok pada masa itu bahkan mulai menganggap mereka yang masih menggunakan sepatu berhak tinggi sebagai sosok yang dianggap kurang pintar. Sejak itu cowok mulai berhenti buat memakai sepatu berjenis ini. Bahkan setelah peristiwa Revolusi Prancis, nggak cuma cowok, cewek pun juga mulai berhenti menggunakan hak tinggi.

Baru pada pertengahan abad ke-19, model sepatu yang menggunakan hak tinggi kembali mencuat. Sepatu ini mulai banyak ditampilkan dalam foto-foto erotis yang diambil oleh fotografer Prancis. Sejak saat itu lah, sepatu yang memiliki hak tinggi, menjadi identik dengan ikon keseksian. Nah lho, kamu baru tau juga?

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×