Movie

Waduh, 5 Film Hollywood Ini 'Nyontek' Anime

Nyontek anime?

Siapa bilang anime cuma buat bocah? Salah berat! Anime juga ada yang ceritanya berat, sadis, dewasa, nggak kalah deh sama film Hollywood. Bahkan, ada 5 film Hollywood yang "nyontek" anime juga lho.

Nyonteknya dikasih tanda kutip, karena nggak semuanya bener-bener ngejiplak. Ada yang memang ngaku terinspirasi, ada juga yang cuma mirip-mirip aja. Tapi ada juga sih, yang kelihatan terang-terangan nyontek, tapi nggak ngaku..

Yap, kemiripan antar satu hal dengan hal lain emang sering terjadi. Entah disengaja atau nggak, atau hanya terinspirasi, atau memang beneran jiplak. Bahkan ada yang bilang orisinalitas itu nggak ada.

Penasaran kan sama 5 film Hollywood yang "nyontek" anime? Cek aja nih...

1. Inception (2010) – Paprika (2006)

https://weissefarben.files.wordpress.com/2012/07/paprika-inception.jpg

Dua film ini sama-sama bercerita tentang mimpi yang mirip kenyataan. Tapi bedanya inception punya alat yang bisa ngebuat seseorang masuk ke dalam mimpi yang sama terus ngebuat mimpi dalam mimpi, sedangkan Paprika punya alat yang bisa ngelihat dan ngatur mimpi seseorang.

Nggak cuma adanya beberapa adegan yang mirip tapi karakternya juga hampir sama. Tapi Inception nggak jiplak kok. Soalnya sutradaranya sendiri (Christopher Nolan) mengaku bahwa karya buatan Satoshi Kon tersebut mempengaruhi film Inception.

2. Black Swan (2010) & Requiem for a Dream (2000) - Perfect Blue (1998)

http://i.imgur.com/Do8Vjgd.png

Anime karya Satoshi Kon memang selalu mengejutkan dan penuh dengan plot twist. Dan lagi-lagi, karyanya yang berjudul Perfect Blue ditiru film Hollywood.

Bedanya Perfect Blue dengan Black Swan, yang satu tentang Balerina yang satunya lagi tentang idol. Ceritanya sih sama, tentang kehidupan mereka yang tiba-tiba kacau ketika merintis karier baru mereka. Sayangnya sang sutradara Black Swan nggak merasa nge-remake Perfect Blue tuh. Sebelumnya juga di film garapannya Darren Aronofsky, Requiem for a Dream juga menggunakan salah satu adegan yang sama di Perfect Blue.

 

3. The Matrix (1999) - Ghost in The Shell (1995)

Dari latar tempat yang hampir sama hingga karakter yang mimiliki port di belakang lehernya, sangat jelas film yang telah memenangkan 4 piala Oscar ini benar-benar terinsipirasi dari anime yang bertemakan Cyberpunk tersebut.

Bahkan produsernya sendiri bilang bahwa ia benar ingin buat membuat live-action Ghost in The Shell. Hal tersebut mungkin juga dikarenakan Ghost in The Shell sendiri sudah populer di kalangan orang Amerika sih.

 

4. Dark City (1998) / Chronicle (2012)/ Looper (2012) - Akira (1988)

 

 

Akira memang menjadi salah satu anime legend yang sering dijadikan referensi banyak film Hollywood. Contohnya The Matrix (masih berhubungan dengan Cyberpunk), Dark City (background tempat yang mirip), Chronicle (seorang anak muda memiliki kemampuan telekenisis yang kehilangan kendali gara-gara masih labil), Looper (Cid yang memiliki sifat yang mirip dengan Tetsuo di Akira dimana mirip juga sama chronicle).

5. The Lion King (1994) - Kimba The White Lion (1965)

http://assets.hai-online.com/media/article_image/series/original/49930-5-film-hollywood-yang-nyontek-anime-5.jpg

Semua karakter The Lion King ada di Kimba The White Lion. Juga adegan dari kedua film tersebut ada yang mirip. Namun, orang-orang Disney mengaku nggak tau sama Kimba The White Lion saat menggarap The Lion King. Masa sih?

Biar gampang, lihat nih perbandingannya di bawah ini.

 

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×