Skulizm

Dapet Tugas Karya Tulis Ilmiah Dari Sekolah? Tenang, 7 Tips Ini Akan Memudahkanmu

beberapa karya tulis hasil penelitian siswa SMA Tarsisius II Jakarta
Foto by : Kiram

Para siswa pasti sepakat kalau ngerjain KTI itu sebenernya seru. Gimana nggak, kita diajak untuk berada lebih dekat dan mengamati lebih dalam isu-isu terdekat yang kita sukai. Pun, nyaris semua siswa yang HAI ajak ngobrol bilang kalau KTI itu banyak manfaatnya.

Tapi, tentu, KTI nggak pernah lepas dari tantangan dan kesulitan. Mulai dari susah nyari buku referensi, nyari narasumber, mewawancara atau nyebar angket. Nah, dari sekian banyak tantangan ternyata yang paling sulit dihadapi itu adalah rasa malas! Hehe, ngaku aja, deh. Kalau udah males, semua hal yang sulit jadi makin ogah dihadapi. Tapi, HAI nggak bakal membiarkan itu terjadi. Nih, HAI kasih beberapa info dan tips biar bikin KTI kamu lancar jaya

 

1. Pilih isu yang kamu suka

 

Yap, penelitian yang baik itu adalah penelitian yang deket banget sama penelitinya. Dengan begitu, kamu bakal terdorong untuk melakukannya secara mendalam.

2. Banyak konsumsi media

Dari mulai beritaonline, surat kabar,berita di TV, dan tentu artikel-artikel di majalah HAI, adalah sumber inspirasi. Dari mulai ide isu penelitian sampai inspirasi dalam menulis, bisa ditemui di sana.

3. Utamakan Sumber Buku Daripada Internet

Alasannya, tentu saja karena buku lebih kredibel informasinya. Lagipula, para guru tahu banget, kalau siswa terlalu banyak nyomot referensi dari Internet kemungkinan copy-pastenya gede. Hehe.

4. Konsultasi Ke Senior

Jangan urung untuk konsultasi ke selain guru pembimbing kamu. kalau punya kakak, atau malah gebetan yang lebih senior, coba konsultasikan penelitianmu ke dia. Siapa tau bisa dapet masukan

5. Tulis, Baca, Tulis Lagi

Nggak ada karya tulis yang bisa bagus secara instan. So, jangan gampang puas. Kalau udah selesai, coba baca lagi, pasti ada aja deh yang perlu diperbaiki. Entah itu typo, kalimat yang nggak sesuai EYD, atau malah dapet ide baru.

6. Cari Referensi Di Tempat Yang Tepat

Lo butuh contoh karya tulis? atau mau liat-liat judul penelitian yang udah pernah ada, beberapa situs ini bisa lo coba:

· e-resources.perpusnas.go.id

Di perpustakaan digital milik pemerintah ini kita bisa mengakses banyak banget penelitian dari dalam atau pun luar negeri, lho. Gratis. Syaratnya, cukup log in aja.

· www.academia.edu

Portal yang mewadahi seluruh akademisi manca negara ini adalah sumur yang paling asik untuk cari referensi penelitian. Dari mulai makalah, paper, skripsi sampai disertasi ada di sini.

7. Ngerjain Di Perpustakaan yang Cozy

Butuh cari buku atau sekedar nyari tempat asik untuk ngetik? Perpustakaan cozy ini bisa jadi tempatnya.

· Perpustakaan Kemdikbud

Lokasi: Gedung A Lantai 1 dan Mezanin, JL Jenderal Sudirman, Senayan, 12190, Indonesia

· Perpustakaan Freedom Institute.
Lokasi: Jl. Proklamasi No. 41, Jakarta Pusat

· Jogja Library Center.

Lokasi: Jl. Malioboro No.175, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

· Perpustakaan Universitas

Yap, hampir tiap kampus pasti punya perpustakannya sendiri. Dan pasti terbuka untuk umum, kok. Nggak usah segan untuk dateng. Beberapa pespus kampus bahkan punya fasilitas lain yang keren. Contohnya, perpustakaannya Universitas Indonesia di Depok sana.

 

Selamat mencoba, sukses ya tugasnya.

Rizki Ramadan

Berkeliaran di halaman sekolah, sebagai wartawan, sambil mengawal HAI School Crew menulis untuk rubrik My School Pages.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×