Skulizm

Ternyata Ini Alasan Pelajar SMA Ambisius Banget Ngejar PTN

PTN harga mati

Sekarang ini temen-temen kita yang sedang menyandang status “Anak SMA tingkat akhir”, lagi sibuk banget nih bro! Apalagi kalo bukan karena akan menghadapi berbagai Ujian. Baik itu Ujian Sekolah, Ujian praktek, ataupun Ujian Nasional.

Nah ditambah lagi, fokus mereka harus terbagi lagi karena akan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi. Baik itu lewat Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, maupun jalur Mandiri.

 “Gue nggak punya plan, PTN harga mati sih heheh” kata Nabyl Rahardjo, salah satu siswa SMAN 81 Jakarta.

Ya, banyak temen-temen kita yang masih bingung dengan perguruan tinggi mana yang bakal mereka pilih. Bisa karena masih ada tekanan dari orangtua, finansial, ataupun mau nyari yang bisa sekampus sama pacar.

HAI jadi penasaran nih, gimana sih pilihan temen-temen untuk memilih Perguruan Tinggi tahun ini. Simak nih:

https://2.bp.blogspot.com/-nPuOfGrUauU/WKUrI_QFQjI/AAAAAAAAAP4/rFSx02kk798NBe5cml_4ZmYEYJDwPzuQACLcB/s1600/1486994812265.jpg

MUTIARA SUKMADEWI – SMAN 4 DEPOK

PTN Mana yang lo Incer?

IPB, jurusan Ekonomi Syariah. Karena gue liat prospeknya di Indonesia, sebagai negara yang mayoritas Islam, ekonomi syariah akan terus berkembang.

Gue yakin 89% deh, karena semuanya harus diawali dengan keyakinan, dilanjutkan dengan usaha, dan diakhiri dengan do’a. Juga kalo kita udah ngelakuin yang terbaik, hasil nggak bakal mengkhianati hehe

Kenapa harus negeri, sih?

Yang pasti sih, pengen ngeringanin biaya orangtua. Karena negri, bisa dibilang lebih murah daripada swasta. Nggak semua kampus swasta jelek sebenernya, banyak kampus yang lebih bagus dari PTN juga. Cuma ya dari segi biaya, walaupun beda tipis, negeri relatif murah.

Siapkah  kalo lo nggak keterima di ptn? Dan apa plan lo selanjutnya?

Hmm.. kalo nggak keterima PTN, mungkin gue akan coba swasta yang mutunya sama kaya PTN.

https://3.bp.blogspot.com/-JREhdB2upiY/WKUrJboCBJI/AAAAAAAAAQI/Sy47NIZvHe0RpXROKyFVnA8C2U1VutIWgCLcB/s1600/img_4791.jpg

NABYL RAHARDJO – SMAN 81 JAKARTA

Perguruan tinggi manakah yang jadi favorit lo?

Unversitas Padjajaran, ambil Manajemen Komunikasi. Karena nggak jauh dari rumah, plus-nya Unpad langsung penjurusan, dan emang minat bakat gue disitu sih.

KENAPA HARUS NEGERI?

Karena gue nggak punya doku lagi! Hahaha. PTS bagus, sih. Tapi ya, ada uang, ada kualitas sih tetep. Nggak semuanya bagus juga. Jadi, balik ke orang nya.

Seberapa yakin lo buat dapet ptn?

80% deh, sisanya buat alokasi teman-teman seperjuangan. Nggak yakin juga sih sebenernya. Haha. Hidup buat apa kalo pesimis. Gue asal jeplakin persenan aja di sini, sekalian jadi motivasi juga. Harus gue realisasikan nih pastinya. Hehehe..

Siapkah kalo lo nggak keterima di ptn? Dan apa plan lo selanjutnya?

Gue nggak punya plan, PTN harga mati sih. Hehehe..

https://1.bp.blogspot.com/-7XPm4Oc9qxY/WKUrI5JccBI/AAAAAAAAAP8/KVVCpZj19y0SjuHJC-KCUZI09c1aixpnQCLcB/s1600/1486995145025.jpg

MEGA PRAMESTI – SMA 91 JAKARTA

Kampus Mana Yang Lo Incer?

ITB, jurusan Planologi. Karena gue udah didoktrin sama bokap segala hal tentang ITB dari kecil. Gedungnya juga menurut gue keren, tiap sudut ada latar belakangnya. Planologi itu kuliahnya santai, banyak jalan-jalan. Sebenernya gue pengen banget masuk Arsitektur, tapi karena gue bikin garis lurus aja remedial, alhasil gue milih adeknya Arsitektur aja deh, Planologi hehehe..

Tapi, kenapa harus negeri?

Lagi-lagi didoktrin bokap, dia pengen anaknya di 5 PTN terbaik indo. Sama yang pasti dari segi finansial, ya kan. Ya singkatnya PTN harga mati.

Seberapa yakin lo buat dapet ptn?

60% deh, gue yakin karena keluarga gue. Yang tadinya pesimis, tapi keluarga yakin kalo gue bisa, walaupun gue udah ngasih data rasio keketatan segala macem yang konkrit. Tapi mereka yakin gue bisa. Jadi ya gue harus yakin juga. 

Siapkah kalo lo nggak keterima di ptn? Dan apa plan lo selanjutnya?

Siap, Insya Allah legowo, plan selanjutnya gue bakal ngikutin jejak kakak gue yang ngulang. Masuk kelas alumni di bimbel selama setahun, ikut SBMPTN lagi.

https://3.bp.blogspot.com/-OJCnKNnJrDg/WKUrJXViCTI/AAAAAAAAAQA/UpAwJTorTxw1phIi3iMXeY2hdVd_MaroACLcB/s1600/1486995400616.jpg

ACHMAD FARHAN – SMA TUGU IBU DEPOK

Bro, PTN mana yang lo tuju selulusnya nanti?

Ilmu komunikasi Unpad nih. Karena gue nggak jago komunikasi sama cewek-cewek cantik, jadi gue pilih ilkom Unpad yang mengajarkan gue untuk berkomunikasi, dan juga Unpad jadi salah satu tempat berkumpulnya cewek-cewek cantik. Jadi abis dapet jam kuliah, bisa langsung praktek di kampus hehehe...

KENAPA HARUS NEGERI?

Siapa yang nggak mau negri di Indonesia? Perusahaan kan biasanya nyari orang yang lulusan negri dulu yang utama. Swasta kan mahal, kasian mami gue hehe..

https://2.bp.blogspot.com/-BwfjjiLTEGU/WKUrIxZ2PSI/AAAAAAAAAP0/EfvXk0JdIZAJcQGQln17J2OaCmQViq0zgCLcB/s1600/1486993988967.jpg

FATIHA RAHMA – SMAN 68 JAKARTA

Perguruan tinggi manakah yang jadi favorit lo?

UI, prioritas gue jurusan Hubungan Internasional, sih. Karena politik luar negeri keliatan menarik buat gue, apalagi beberapa tahun belakangan ini. Siapa tau gue bisa memprediksi perang dunia ke 3. Hehe, becanda

Kenapa harus negeri?

Karena gue nggak boleh kuliah kalo nggak negeri, jadi ya nurut aja kata nyokap.

Perguruan tinggi swasta menurut lo gimana?

Bukan gue mikir swasta gimana. Gue percaya sekolah itu cuma jadi medium, yang nentuin berguna atau nggaknya ya kita sendiri.

Sejauh ini, bagaimana persiapan lo agar diterima di ptn?

Karena gue baru masuk sekolah lagi (selesai exchange students), jadi nggak sempet daftar les gitu dan keburu males. Jadi ya gue cuma fotokopi soal-soal aja, terus kerjain sendiri. Klo gabisa baru minta ajarin temen.

Seberapa yakin lo buat dapet ptn?

Hahaha berdasarkan nilai gue? 40%, karena nyadar diri aja sih, SNMPTN  itu nggak mudah, sementara nilai rata-rata gue kalah jauh sama saingan gue. Tapi masih tetep mau coba kok.

Siapkah kalo lo nggak keterima di ptn? Dan apa plan lo selanjutnya?

Siap dong. Selama gaboleh ambil swasta sama orangtua, gue bakalan usaha buat PTN. Terus ambil Gap year. Lagian gue masih ada 2-3 project yang masih bisa aktif sampe beberapa bulan kedepan kok. Sambil kerja, sambil persiapan SBMPTN juga.

Good luck, friends!

-Bintang Putra - SMKN 1 Depok

hai school crew, bintang pd, smkn 1 depok

 

 

Rizki Ramadan

Berkeliaran di halaman sekolah, sebagai wartawan, sambil mengawal HAI School Crew menulis untuk rubrik My School Pages.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×