Sport

Cetak Gol Terbaik Dunia, Pemain Malaysia Jadi Pesepakbola Asia Pertama Yang Raih Gelar Puskas Award

Penyerang asal Klub Penang FC, Mohammad Faiz Subri baru aja dinobatkan sebagai peraih trofi FIFA Puskas Award 2016
Foto by : Tribunnews

Pemain asal Malaysia baru aja menorehkan sejarah baru di kancah sepakbola Malaysia dan Asia. Penyerang asal Klub Penang FC, Mohammad Fauz Zubri baru aja dinobatkan sebagai peraih trofi FIFA Puskas Award 2016. Pada malam penghargaan yang berlangsung di Kota Zurich, Swiss, Senin (9/1) ini, gol Faiz ketika pertandingan melawan Pahang FA dinobatkan menjadi gol terbaik dunia tahun 2016!

Faiz mencetak gol indah dalam pertandingan lanjutan Liga Super Malaysia antara Penang FA dan Pahang FA. Dalam pertandingan yang akhirnya dimenangkan oleh Penang FC dengan skor 4-1 ini, Faiz mencatatkan gol indah melalui tendangan bebas yang melengkung indah tanpa mampu dihentikan kiper lawan.

Berdasarkan polling yang dilakukan di situs resmi FIFA, gol yang dicetak Faiz berhasil meraih suara 59, 46 persen. Ia mengalahkan gol dari pemain Corinthias, Marlone, diposisi kedua dengan 22,86 persen, dan pesepakbola wanita Daniuska Rodriguez dari Timnas Venezuela U-17 dengan 10,01 persen.

Nggak hanya mengalahkan tiga pemain ini, Faiz juga mengalahkan nama pesepakbola papan atas dunia seperti Lionel Messi dan Neymar di kategori ini. Akan tetapi jumlah suara keduanya masih kalah jauh dibandingkan dengan tiga pemain yang masuk ke jajaran tiga besar.

Raihan ini juga sekaligus menjadi capaian yang membanggakan bagi Malaysia dan Asia. Ini merupakan pertama kalinya, pesepakbola asal Malaysia berhasil meraih trofi dari FIFA. Selain itu, Faiz juga tercatat sebagai pemain asal Asia pertama yang berhasil meraih penghargaan Puskas Award.

Puskas Award sendiri adalah penghargaan buat pencetak gol terbaik di setiap tahunnya. penghargaan ini juga ditujukan buat menghormati legenda sepak bola Hungaria dan Real Madrid, Ferenc Puskas.Tercatat banyak pemain papan atas dunia yang berhasil meraih gelar ini di tahun-tahun sebelumnya. Seperti Christian Ronaldo (2009), Hamit Altintop (2010), Neymar (2011), Miroslav Stoch (2012), Zlatan Ibrahimovic (2013), James Rodriguez (2014), dan terakhir Wendell Lira pada tahun 2015 lalu.

Well, selamat ya!

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×