Sport

Selain Ezra Walian, 3 Pemain Muda Berbakat Keturunan Indonesia Ini Juga Layak Dinaturalisasi

Ezra Walian

Naturalisasi, kini jadi hal yang biasa dalam dunia sepak bola. Hal ini biasanya dilakukan demi meningkatkan prestasi tim nasional. Indonesia pun nampaknya nggak mau ketinggalan. PSSI kabarnya sedang berusaha membujuk beberapa pemain muda berbakat keturunan Indonesia agar mau membela skuat garuda.

Nah, mau tau kan, siapa aja sih para pemain yang dimaksud? Daripada makin penasaran, yuk simak ulasan berikut.

 

1. Thom Haye

Thom Haye memiliki seorang kakek yang berasal dari Sulawesi Utara. Musim ini, ia sedang menjalani karier profesionalnya bersama Williem II dan telah mencatatkan 21 kali penampilan.

Melihat hal di atas, wajar bila PSSI berniat untuk menaturalisasi Haye. Namun, pemain yang biasa berposisi sebagai gelandang serang tersebut, nampaknya lebih fokus pada timnas Belanda. Pada 2013 lalu, ia bahkan turut ambil bagian dalam keberhasilan Oranje lolos ke Piala Eropa U-19.

 

2. Sandy Walsh

Pemain yang satu ini merupakan rekan setim Haye di timnas U-20 Belanda. Kini, Sandy Walsh sedang bermain untuk salah satu klub raksasa Belgia, KRC Genk.

Usul punya usul, Walsh mendapatkan darah Indonesia dari ibunya yang juga keturunan Indonesia-Belanda. Namun, usaha PSSI untuk menaturalisasi Walsh terbilang cukup sulit. Pasalnya, sampai saat ini, Walsh masih menjadi langganan tetap timnas junior Belanda di berbagai jenjang.

 

3. Darren Sidoel

Darren Sidoel digadang-gadang sebagai bek sayap masa depan Ajax Amsterdam. Tengok saja, baru pada 2012 lalu Sidoel diangkut akademi Ajax dari Ado Den Haag. Namun, hanya dalam kurun waktu dua tahun, ia langsung naik level ke jenjang tim U-19 Ajax.

Sidoel sendiri punya keturunan Jawa-Suriname. Ia pun nampak belum tau akan membela negara mana dalam karier internasionalnya. Sejauh ini, Sidoel diketahui masih jadi warga negara Belanda. (Tomy)

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×