Stuffs

10 Tahun Perjalanan, Ini Wajah iPhone dari Masa ke Masa!

Steve Jobs dan iPhone
- intro 1 2 3 4 +

Satu dekade sudah iPhone meramaikan iklim kompetisi di industri ponsel. Dalam perjalanannya, iPhone digadang-gadang sebagai pemimpin inovasi teknologi untuk ponsel pintar alias smartphone. Gimana nggak, iPhone adalah ponsel pertama yang mampu menjalankan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, mendengar musik, dan dinavigasi dengan jari manusia!

Pendiri Apple, Steve Jobs, dengan bangga memperkenalkan iPhone generasi awal pada 9 Januari 2007, dalam ajang MacWorld di San Francisco, Amerika Serikat. Ia menyebut iPhone bakal mendefinisikan kembali makna sebuah telepon genggam.

Klaim itu terbukti benar. iPhone mampu mengubah industri ponsel secara keseluruhan. Hingga kini, iPhone masih mempertahankan citranya sebagai produk premium, inovatif, dan berdesain elegan. Nggak jarang desain iPhone dijadikan kiblat untuk produk lain. Fitur-fiturnya pun kerap menginspirasi para vendor smartphone.

Selama 10 tahun berkiprah, iPhone sudah muncul sebanyak 15 seri. Berikut evolusi produknya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (9/1):

 

1 - iPhone (2007)

Ponsel ini menyita perhatian masyarakat AS dan para pecinta teknologi di seluruh dunia. Untuk pertama kalinya ponsel hadir dengan layar yang besar dan navigasinya menggunakan mekanisme sentuhan.

Kala Jobs memeragakan cara menyapu layar dan menggesernya ke kiri dan kanan, hadirin yang menyaksikan acara peluncuran iPhone terkagum-kagum. Namun, ada harga yang harus dibayar mahal untuk menikmati inovasi teknologi tersebut.

iPhone dibanderol dengan harga yang cukup tinggi untuk kondisi saat itu, yakni Rp 6,6 jutaan untuk varian memori 4 GB dan Rp 8 jutaan untuk memori 8 GB.

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×