Stuffs

Di Perancis Ada Jalan Raya Bertenaga Surya. Wah Gimana Cara Kerjanya tuh?

jalan panel surya di perancis
Foto by : The Verge

Kalian pasti pernah liat kan di genteng-genteng rumah orang ada panel buat ngambil energi ekstra dari cahaya matahari, sekaligus bisa ngehemat uang dengan make listrik yang dapet dari cahaya matahari. Tapi kalian pernah denger nggak panel surya yang ada di jalan? Iya, sih, di Indonesia belum happening. Tapi di perancis udah ada loh, di desa kecil namanya Tourouvre-au-Perche di Normady, Perancis. Panel surya ini satu kilometer ini di buka sejak Desember akhir kemarin. Jalanan ini dapat menghasilkan listrik yang cukup buat nyalain lampu-lampu di jalan.

Solar panel ini ada di jalanan yang panjangnya 30.000 kaki, dan butuh biaya USD 5,2 juta. Panel-panel ini di lapisi dengan resin yang terbuat didasari dengan silikon yang membuatnya bisa tahan sama kendaraan berat yang lewat jalan itu, ekspektasi udah tercapai untuk jalan tersebut, tapi Royal mau panel surya ini ada sepanjang 1,000 kilometer di jalan tol Perancis.

Tapi ada banyak permasalahan. Pertama panel surya datar engga terlalu efektif dibandingin sama panel surya tradisional, dan lebih mahal dari yang tradisional. Colas, perusahaan yang membuat panel surya yang ada di jalan, berharap untuk mengurangi biaya untuk memproduksi di masa yang mendatang dan mempunyai sekitar 100 proyek di seluruh dunia untuk membuat panel surya di jalan.

Solar Roadway juga sebuah perusahaan yang melihat prospek dalam membuat jalan dengan panel surya, dan mereka sudah memasang walaupun jumlah nya kecil di Route 66 Welcome center di Conway, Missouri pada awal tahun ini. Tetep, harga yang mereka kasih sama dengan Colas yang ada di Perancis.

Mungkin panel surya dari Tesla adalah pilihan yang terbaik.

 

Hadyan Falah - SMA Dian Didaktika

hai school crew, hadyan falah, sma dian didaktika,

hai-online.com

Berdedikasi di hai online

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×