Tips

Mau Kerja? Jaga 5 Penampilan Ini Biar Kamu Makin Profesional

Ilustrasi

Udah di masa akhir kuliah dan siap masuk dunia kerja? Bukan cuma CV atau resume yang harus kamu siapkan, tapi penampilan juga! Ya maklum, saat di kampus kan paling penampilan kita casual dan gitu-gitu aja. Pas kerja, semua beda, bos!

Personal grooming memang memakan waktu, tetapi penampilan profesional secara fisik memiliki dampak sosial yang cukup tinggi lho. Para ahli komunikasi mengatakan bahwa penampilan adalah komunikasi non-verbal dalam menyampaikan keinginan, ambisi serta tempat kita di mata masyarakat dan menciptakan persepsi orang mengenai value atau "nilai" kita yang kerap dijadikan basis dari ekspektasi masyarakat terhadap perilaku kita secara profesional.

So, menurut  Reza Nugraha Setiawan, Personal Branding and PR practitioner, berikut adalah lima hal yang dapat dilakukan segera untuk menciptakan penampilan terbaik kamu:

 

1. Selalu merapikan rambut.

Usahakan untuk selalu merapikan rambut ke pemangkas rambut minimal satu kali dalam sebulan. Jadikan ini kegiatan rutin. Bagi seorang profesional menjaga rambut selalu tampak bersih dan tertata rapi tanpa harus terkesan berlebihan, akan memberikan kesan lebih baik.

 

2. Perhatikan kebersihan kuku

Hindari kebiasaan memelihara kuku pada jari kelingking atau jempol. Apalagi bila kamu seorang profesional yang bekerja pada sebuah perusahaan mendunia.

 

3. Memastikan pakaian yang akan kamu gunakan selalu dalam keadaan bersih dan rapi

Memilih bahan yang nggak mudah kusut akan memberikan nilai lebih bagi kamu yang aktif dan sering berada di lapangan tanpa harus khawatir aktivitas kamu dapat merusak penampilan.

 

4. Perhatikan alas kaki

https://i.ytimg.com/vi/Z4NUXMjvLaA/maxresdefault.jpg

Hindari penggunaan sandal pada waktu bekerja karena akan mengurangi tampilan profesional. Sepatu yang terlihat bersih dan terawat dapat menunjang keseluruhan penampilan.

 

5. Jagalah kebersihan gigi, nafas dan badan kamu

Apalagi bila kamu berada pada bidang yang membutuhkan banyak interaksi dengan calon klien dan melakukan banyak presentasi.  Menggosok gigi setelah makan siang adalah hal yang terbaik dan menggunakan pewangi bagi tubuh yang nggak berlebihan juga berdampak positif. (Kompas.com)

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×