Tips

Waktu Yang Kita Habiskan Untuk Bermedia Sosial Dalam Setahun Bisa Untuk Baca 182 Buku.

buku Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi

Setiap berapa menit kamu unlock hape terus scroll media sosialmu? Dilaporkan Telegraph, penelitian Britons mengungkap bahwa dalam sehari kita rata-rata bermedia sosial selama 1 jam 20 menit. Kalau dihitung tahunan, menjadi 475 jam setahun.

Sebenernya nggak ada yang salah dengan media sosial, tapi kan sekarang ini penggunaannya cenderung untuk leha-leha.

Nah, kalau diukur-ukur, waktu 475 jam itu bisa dipakai baca 182 buku, lho.

Itung-itungannya gini. Jumlah kata di buku (novel) itu 40-100 ribu kata. Pembaca kelas amatir dan menengah bisa membaca 200-300 kata dalam 1 menit. So, dalam 1 jam 20 menit yang biasa kita pakai untuk bermedsos itu bisa untuk baca 16.000-24.000 kata. Ya, bisa dibilang dalam dua hari, kita bisa menyelesaikan 1 buku.

Berarti, dalam satu tahun yang 365 hari, sebenernya kita bisa baca 182 buku. Kayaknya, kita sama-sama tahu kalau kata-kata di buku bisa lebih bermanfaat daripada kata-kata di kolom caption Instagram, atau kolom komentar di LINE.

Bagaimana membiasakan diri membaca buku?

Pertama, pastikan dulu bahwa diri kamu merasa perlu membaca buku. Entah itu karena kesukaan atau karena perlu untuk meningkatkan pemahaman tertentu.

Setelahnya, program diri kamu. Kamu bisa targetkan untuk membaca 10-20 halaman dalam sehari. Atau bisa juga dengan membuat target jumlah buku yang perlu kamu selesaikan dalam sebulan. Menggunakan fitur Reading Challenge di Good Reads bisa jadi cara yang membantumu, tuh.

Terus, buat buku selalu ada di sekitarmu. Bawa selalu di tas, taruh buku di meja sebelah kasur.

Nah, kalau udah selesai baca, biasakan juga bikin ulasannya. BIni penting, lho. Selain bikin kita jadi inget tentang keseruan buku tersebut, ulasa yang kita bikin juga bisa membuat orang lain suka dengan buku yang kita baca. Kalau udah kayak gitu, kan, jadi makin semangat baca. Tul, nggak?

Selamat mencoba

 

 

Rizki Ramadan

Berkeliaran di halaman sekolah, sebagai wartawan, sambil mengawal HAI School Crew menulis untuk rubrik My School Pages.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×