Health

Pernah Ngerasa “Jatuh di Kasur” Sebelum Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya!

Tidur ketika tidur

Tidur adalah bagian terpenting di dalam kita. Dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan otot-otot yang seharian sudah capek, lalu bisa rileks ketika kita tertidur pulas. Namun, dengan tidur, kita akan mendapatkan kesempatan untuk bermimpi di bawah alam sadar kita, entah itu mimpi baik ataupun mimpi buruk.

Nah, terkadang, mimpi buruk seringkali menghantui tidur kita, sehingga kita terbangun dari tidur dan jadi susah tidur lagi. Kadang-kadang, mimpi buruk itu bisa bermacam-macam bentuknya, ada yang dikejar hantu, ada yang dibunuh dan yang nggak kalah menarik adalah mimpi dimana kita jatuh dari ketinggian, dan itu benar-benar terasa nyata, seperti bukan mimpi!

Kalian pasti pernah, deh, merasa seperti jatuh di atas kasur, padahal kalian sedang tertidur atau mimpi. Ternyata, ini ada penjelasan ilmiahnya loh! Penasaran?

Jadi gini, orang-orang yang pernah mengalami pengalaman seperti ini menamakan itu sebagai pengalaman “jatuh ke dalam kekosongan”. Beberapa orang mungkin akan berusaha untuk tidur kembali setelah mengalami hal itu, namun ada beberapa orang yang terbangun dari tidurnya dan malah ketakutan.

Namun, ada banyak orang yang berspekulasi bahwa kejadian ini terjadi karena hantu atau makhluk halus disekeliling mereka. Hal itu sama sekali tidak benar, karena ada penjelasan ilmiah yang bisa menjawab kejadian aneh ini.

Ternyata, “jatuh” ketika sedang tidur itu dinamakan sebagai myoclonic jerk, dan itu adalah proses biologis normal yang terjadi ketika kita tidur.

Ketika kita tertidur, kita akan melalui beberapa siklus tidur, masing-masing terdiri dari empat tahap yang berbeda. Biasanya, kejadian “jatuh” dari tidur ini terjadi di tahap pertama kita tidur, jadi kita belum benar-benar tidur pulas sebenarnya.

Terdapat beberapa teori kenapa hal ini bisa terjadi, yakni ketika kita tidur, otot-otot kita akan rileks, dan otak kita akan merasa bingung dan akan membuat kita merasa seperti terjatuh ketika sedang tidur. Hasilnya, otot kita akan menegang dan berhasil “menangkap” diri kita yang terjatuh. Aneh, bukan? Namun hal ini nyata adanya.

Tujuh dari 10 orang di dunia akan merasakan hal seperti ini di dalam hidupnya. Hal ini bisa terjadi sekali atau berulang-ulang dalam waktu yang berdekatan. Namun tenang, hal ini sama sekali tidak akan mempengaruhi kesehatan kalian, kok. Namun, kalau kalian resah, kalian bisa konsultasi ke dokter untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan.

Fadli Adzani

Wartawan majalah HAI, pencinta karya Tame Impala dan keindahan alam Indonesia. Bermain bass untuk grup musik Crayola Eyes.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×